in

Friday, February 21, 2014

5 Alasan duduk terlalu lama bisa mematikan

5 Alasan duduk terlalu lama bisa mematikan

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk duduk dalam sehari? Jika Anda menghabiskan banyak waktu hanya untuk duduk dalam sehari, sebaiknya waspadalah. Penelitian mengungkap bahwa duduk terlalu lama bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, mulai dari penyakit jantung hingga obesitas.
Bahkan menghabiskan sebagian besar waktu dalam sehari untuk duduk ditengarai mampu meningkatkan risiko kematian. Bagaimana bisa? Berikut adalah alasan mengapa duduk sepanjang waktu bisa membunuh Anda, seperti dilansir Mag for Women.
1. Mempengaruhi metabolisme
Ketika duduk, aktivitas elektrik pada otot akan menurun dan tingkat pembakaran kalori pada tubuh juga berkurang hingga hanya satu kalori per menit. Setelah terlalu banyak duduk selama lima hari, kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan resistensi insulin akan meningkat. Dengan begitu, metabolisme tubuh Anda akan berantakan. Otot tak lagi efektif dalam menyerap lemak dan tingkat gula darah akan meningkat.
2. Menyebabkan berat badan bertambah
Setelah dua minggu memiliki kebiasaan terlalu banyak duduk, otot pada tubuh akan mengalami atrofi atau penyusutan dan konsumsi oksigen pun menurun. Pada akhirnya, ini akan mempermudah penambahan berat badan. Parahnya, hal ini akan tetap terjadi meski Anda berolahraga setiap hari.
3. Meningkatkan kolesterol jahat
Setelah setahun menjalani gaya hidup yang membuat Anda terlalu banyak duduk, Anda kemungkinan akan merasakan peningkatan kolesterol jahat dan berat badan. Hanya dengan duduk lebih dari enam jam sehari saja wanita bisa kehilangan massa otot sebanyak satu persen dalam setahun.
4. Mempercepat kematian
Semakin lama seseorang menghabiskan waktunya untuk duduk, semakin tinggi pula risiko kematian yang dimilikinya. Penelitian mengungkap bahwa menghabiskan lebih dari 11 jam untuk duduk dalam sehari meningkatkan risiko kematian hingga 40 persen dalam waktu tiga tahun jika dibandingkan dengan orang yang hanya duduk kurang dari empat jam.
5. Menyebabkan penyakit serius
Selain hal-hal di atas, ada banyak penyakit serius yang bisa muncul ketika seseorang terlalu banyak duduk dalam sehari. Mulai dari sakit leher, punggung, otot kaku, keseimbangan yang buruk, hingga kelumpuhan. Terlalu lama duduk juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kematian.
Itulah bagaimana kebiasaan terlalu banyak duduk dalam sehari bisa merusak tubuh Anda. Untuk menghindari efek buruk di atas, lakukan olahraga lebih sering dan kurangi waktu duduk Anda setiap hari. Sempatkan untuk berdiri dan berjalan-jalan di sela-sela waktu duduk atau ketika beristirahat agar tak terlalu lama duduk.(merdeka/21/2/14)
---------------------------------------------------------------------------
[Dear Member koran FB]
Berikan komentar, klik suka atau bagikan berita yang di post di koran FB untuk tetap menjadi member aktif dan berlangganan berita di koran FB karena facebook membatasi jangkauan berita hanya kepada member aktif saja. Terimakasih (admin KoranFB)

No comments:

Post a Comment